PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAH DESA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA PANSURNAPITU KECAMATAN SIATAS BARITA

Authors

  • Asi Martha Uli Pasaribu Fakultas Ekonomi, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Leonard Roberto Sinaga Fakultas Ekonomi, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Delviana R.W Sihombing Fakultas Ekonomi, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

Keywords:

Kualitas pelayanan pemerintah desa, Kepuasan masyarakat

Abstract

Kualitas pelayanan dipandang secara lebih luas dimana tidak hanya aspek hasil saja yang ditekankan melainkan juga meliputi proses, lingkungan, dan manusia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh kualitas pelayanan pemerintah desa terhadap kepuasan masyarakat Desa Pansurnapitu Kecamatan Siatas Barita. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa korelasi sederhana, Analisa regresi linier sederhana dan Uji t. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% yaitu masyarakat desa sebanyak 88 Kepala Keluarga.

Data yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada sampel sebanyak 88 orang diperoleh korelasi dengan hasil bahwa rhitung(0,355) > rtabel (0,213)   disimpulkan bahwa  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kualitas pelayanan pemerintah desa (X) dengan Kepuasan masyarakat (Y) Pada Desa Pansurnapitu Kecamatan Siatas Barita. Berdasarkan tabel 3.2 Pedoman Interpretasi Koefisien Korelasi , maka koefisien yang ditemukan sebesar 0,355 termasuk kategori lemah. Jadi terdapat hubungan dengan tingkat sedang antara  Kualitas pelayanan pemerintah desa (X) dengan Kepuasan masyarakat (Y) Pada Desa Pansurnapitu Kecamatan Siatas Barita. R Square sebesar 0.126 atau sebesar 12,60%.  Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas pelayanan pemerintah desa (X) dengan Kepuasan masyarakat (Y) Pada Desa Pansurnapitu Kecamatan Siatas Barita adalah sebesar 12,60% dan sisanya sebesar 87,40%  dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Persamaan regresi adalah 44,206 + 0,703X. Persamaan regresi diatas dapat dijelaskan bahwa jika Kualitas pelayanan pemerintah desa atau  X = 0 maka nilai Kepuasan masyarakat atau Y akan naik sebesar 44,206. Signifikansi korelasi variabel adalah sebesar 3,517. Kemudian nilai tersebut dibandingkan   dengan   t tabel     dengan    taraf     kesalahan    5%   df = n-2 = 86.  Nilai    t tabel    sebesar 1,987. Sesuai    dengan syarat   pengujian   hipotesis   bahwa    t hitung (3,517) > t tabel (1,987) dapat disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan pemerintah desa (X) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dengan Kepuasan masyarakat (Y) Pada Desa Pansurnapitu Kecamatan Siatas Barita maka hipotesis penelitian diterima.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Asi Martha Uli Pasaribu, Leonard Roberto Sinaga, & Delviana R.W Sihombing. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAH DESA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DESA PANSURNAPITU KECAMATAN SIATAS BARITA. ECOJURNAL - Jurnal Ekonomi & Manajemen, 3(1), 32–38. Retrieved from http://ecojurnal.usxiitapanuli.ac.id/index.php/ej/article/view/58

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>